FK Metra Solo Ikuti Final Lomba Tingkat Provinsi

Diskominfo SP Kota Surakarta melalui Tim Pertunjukkan Rakyat Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kota Surakarta mengikuti Final Lomba Forum Komunikasi Media Tradisional Tingkat Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (13/9/2019) di Kebun Raya Indrokilo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Lomba ini diikuti oleh 6 tim dari 2 kota dan 4 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai penampil pertama, Kabupaten Temanggung menampilkan kesenian daerah Bangilun dengan judul cerita “Serik”. Disusul kemudian oleh Kabupaten Karanganyar dengan kesenian daerah berjudul “Jenggelek Kecrek”.

Penampil ketiga adalah Kabupaten Brebes yang menampilkan kethoprak laling dan cilung dengan tema “saring sebelum sharing”. Sebagai penampil keempat adalah Kota Tegal dengan kesenian tradisional berjudul “Tong-tong Pret”.

Kota Surakarta sebagai penampil kelima menampilkan seni kethoprak gaya Surakarta dengan lakon “Ndoro Kliwon”. Sebagai penutup, tuan rumah Kabupaten Boyolali menampilkan sendra tari dan drama seni dengan judul “Sejatine Tombo”.

Menurut salah satu pengurus tim pertunjukkan rakyat Kota Surakarta, Tatak Prihantoro, lakon Ndoro Kliwon mengisahkan tentang seseorang yang kalah dalam pemilihan lurah dan telah kehilangan harta, benda, bahkan hampir kehilangan keluarganya. Ndoro Kliwon menjadi marah dan kecewa dengan kekalahannya. Akhirnya, semua yang dilakukan oleh lawannya dianggap jelek dan ia cenderung menentang serta memusuhinya.

Disinggung tentang makna dari pesan yang disampaikan, Tatak menyatakan bahwa pesan moral dari cerita ini adalah dalam bersaing kita harus sportif, yang kalah tidak usah marah, siapapun yg memimpin harus disengkuyung bersama demi persatuan dan kesatuan warga.

“Tentunya kami ingin menyampaikan pesan, terutama pada generasi muda, untuk selalu menjaga persatuan, kerukunan, walaupun sedang dalam keadaan bersaing. Setiap masalah yang timbul pasti ada solusinya, bisa dibicarakan,” tambahnya.

Pada lomba kali ini Kabupaten Temanggung memperoleh predikat sebagai Juara I, Kabupaten Karanganyar sebagai Juara II dan Kabupaten Boyolali sebagai Juara III. Untuk juara harapan, Kota Tegal meraih Juara Harapan I, Kabupaten Brebes sebagai Juara Harapan II dan Kota Surakarta meraih Juara Harapan III.

Untuk mendukung penamilan Tim FK Metra, Diskominfo SP mengajak suporter internal dari Diskominfo SP dan 15 orang admin media sosial se-Surakarta. Hal ini dimaksudkan untuk mengenalkan kaum milenial kepada budaya asli Indonesia sekaligus sebagai upaya diseminasi informasi melalui FK Metra lewat media sosial.