Literasi Bijak Bermedsos di Kecamatan Jebres

Kecamatan Jebres menjadi wilayah kedua yang dipilih Diskominfo SP untuk melaksanakan kegiatan literasi penggunaan media sosial secara bijak. Setelah minggu lalu dilaksanakan di Kecamatan Laweyan, Senin (10/2/2020) kegiatan tersebut diadakan di Kecamatan Jebres.

 

Acara dilaksanakan bersamaan dengan pleno perdana PKK Kecamatan Jebres tahun 2020. Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK se-Kecamatan Jebres mengikuti acara yang berlangsung selama satu jam lebih itu.

 

Antusiasme ibu-ibu PKK terlihat ketika narasumber menyampaikan materi. Nanang Hari Setiawan, narasumber yang juga Pranata Komputer Kecamatan Jebres menyampaikan materi terkait Tips dan Trik dalam bermedia sosial, aplikasi ULAS dan juga Solo Destination.

 

“Media Sosial adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai bangun tidur sampai tidur kembali. Sehingga kita harus dapat bijak dalam menggunakan medsos tersebut,” ujarnya.

 

Pada sesi tanya jawab, peserta menanyakan tentang sistem ULAS dalam menangani permasalahan yang dilaporkan dan juga waktu yang diperlukan dalam merespon aduan yang diterima. Risang Cantika Budi selaku Kasi Aplikasi Diskominfo SP menyampaikan bahwa sesuai dengan SOP waktu yang harus dipenuhi OPD dalam merespon adalah 2 x 24 jam hari kerja.

 

Pada akhir acara, Camat Jebres mengapresiasi kegiatan literasi yang diselenggarakan Diskominfo SP ini. Bu Camat menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu selaku pengguna medsos dan dapat menyampaikan informasi ini kepada keluarga, tetangga, kerabat, maupun organisasi kemasyarakatan yang mereka ikuti. Harapannya, kegiatan literasi ini dapat dilaksanakan dengan audiens selain ibu PKK seperti karang taruna maupun Forum Anak.