Diskominfo SP bersama dengan mahasiswa magang yang berasal dari D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS mengembangkan sistem yang bermanfaat untuk pengelolaan pemerintahan berbasis elektronik.
Laporan tersebut disampaikan perwakilan dari mahasiswa magang yang telah selesai melaksanakan tugasnya yaitu Tri Wulandari dan Ari Budi Laksono saat apel pagi, Senin (31/1/2022).
Peserta magang terdiri dari 10 mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terbagi menjadi 2 tim yang telah menyelesaikan magang mulai 13 September 2021 – 13 Januari 2022.
Tim 1 memiliki tugas mengerjakan Sistem Evaluasi SPBE yang merupakan sistem informasi yang digunakan untuk mengevaluasi semua sistem yang digunakan di Kota Surakarta dengan acuan Permenpan RB No. 59 Tahun 2020.
Sistem ini memiliki fitur yang dapat menilai dan menampilkan hasil evaluasi SPBE, agenda kegiatan SPBE, dokumentasi kegiatan SPBE, dan GIS hotspot Kota Surakarta. Sistem bermanfaat untuk mempermudah pengelolaan dan monitoring evaluasi SPBE Kota Surakarta.
Tim 2 bertugas membangun Sistem Manajemen Pengetahuan SPBE yang merupakan sistem informasi dan aplikasi mobile untuk menyediakan informasi terkait inovasi Pemerintah Kota Surakarta; baik layanan non aplikasi maupun aplikasi.
Sistem ini juga menyediakan forum untuk komunikasi antara masyarakat dan pemerintah dengan menampilkan informasi layanan pemerintah serta verifikasi tiap data layanan yang dimasukkan.
Sistem mempunyai manfaat untuk memberikan informasi kepada OPD maupun masyarakat, serta memudahkan pemangku jabatan selanjutnya dalam memahami inovasi atau layanan yang telah dibuat.
Diskominfo SP kaliyan mahasiswa magang saking D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS ngembangaken sistem ingkang nggadahi manfaat kangge nindakaken pengelolaan pemerintahan berbasis elektronik.
Laporan meniko dipunaturaken perwakilan mahasiswa magang ingkang sampun rampung nindakaken ayahanipun inggih meniko Tri Wulandari lan Ari Budi Laksono wonten ing apel enjing, dinten Senen (31/1/2022).
Mahasiswa magang cacahipun 10 mahasiswa kalebet ing program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dipunperang dados 2 tim sampun nindakaken magang wiwit 13 September 2021 – 13 Januari 2022.
Tim 1 nggadahi ayahan ndamel Sistem Evaluasi SPBE inggih meniko sistem informasi kangge nindakaken evaluasi sadoyo sistem ingkang dipunagem ing Kota Surakarta kanthi adhedasar Permenpan RB No. 59 Taun 2020.
Sistem meniko gadhah fitur ingkang saged mbiji lan nampilaken hasil evaluasi SPBE, agenda kegiatan SPBE, dokumentasi kegiatan SPBE, lan GIS hotspot Kota Surakarta. Sistem nggadahi manfaat kangge nggampilaken pengelolaan lan monitoring evaluasi SPBE Kota Surakarta.
Tim 2 gadhah ayahan mbangun Sistem Manajemen Pengetahuan SPBE inggih meniko sistem informasi lan aplikasi mobile kangge nyedhiyakaken informasi kekait inovasi Pemerintah Kota Surakarta; inggih meniko layanan non aplikasi ugi layanan aplikasi.
Sistem meniko ugi nyedhiyakaken forum kangge nindakaken komunikasi masyarakat lan pemerintah kanthi nampilaken informasi layanan pemerintah lan verifikasi saben data layanan ingkang dipunlebetaken.
Sistem nggadahi manfaat kangge maringi informasi dhateng OPD lan masyarakat, ugi nggampilaken pemangku jabatan saklajengipun kangge mangertosi inovasi utawi layanan ingkang sampun dipundamel.
Diskominfo SP together with internship students from D3 Informatics Engineering, Vocational School UNS develop a useful system for electronic-based government management.
The report is submitted by representatives of interns who have finished carrying out their duties, namely Tri Wulandari and Ari Budi Laksono during the morning muster, Monday (31/1/2022).
The internship participants consist of 10 students in the Merdeka Learning Campus Merdeka (MBKM) program divided into 2 teams who have completed their internships from September 13th, 2021 – January 13th, 2022.
Team 1 works on the SPBE Evaluation System, which is an information system used to evaluate all systems used in Surakarta City with reference to Permenpan RB No. 59 of 2020.
This system has features that can assess and display SPBE evaluation results, SPBE activity agenda, SPBE activity documentation, and GIS hotspots for the City of Surakarta. The system is useful to facilitate the management and monitor of SPBE evaluation in Surakarta.
Team 2 builds the SPBE Knowledge Management System, which is an information system and mobile application to provide information related to the Surakarta City Administration’s innovations; both non-application and application services.
This system also provides a forum for communication between the community and the government by displaying government service information and verifying each service data entered.
The system has the benefit of providing information to agencies (OPDs) and the community, as well as making it easier for future office holders to understand the innovations or services that have been made.
***