(0271) 2931667
diskominfosp@surakarta.go.id

24-10-2025

WIB

Vinta

22-10-2025

 17:21:12 WIB
Diskominfo SP Kota Surakarta Raih Juara 2 Inovasi Terbaik Berkat Program TULADA
Icon

Komitmen Pemerintah Kota Surakarta dalam mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik melalui inovasi kembali membuahkan hasil. Pada ajang Gelar Inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surakarta Tahun 2025, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Surakarta berhasil meraih Juara 2 Kategori Inovasi Terbaik melalui inovasi TULADA (Trending Unit Layanan Aduan Surakarta).

Inovasi TULADA menjadi sarana pemantauan isu publik yang sedang ramai dibicarakan masyarakat, serta berfungsi untuk mengidentifikasi aspirasi dan aduan warga secara cepat melalui media sosial dan kanal digital. Melalui sistem ini, Diskominfo SP dapat mendeteksi tren isu terkini dan menyampaikannya kepada perangkat daerah terkait untuk segera ditindaklanjuti. TULADA menjadi bentuk penerapan teknologi informasi yang efektif dalam memperkuat transparansi dan mempercepat respons pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat.

Selain Diskominfo SP, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Surakarta meraih Juara 1 melalui inovasi Click Your Space, sementara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) menempati posisi Juara 3.

Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kota Surakarta terus mendorong setiap perangkat daerah untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi demi mewujudkan pelayanan publik yang transparan, cepat, dan berkelanjutan.

The Surakarta City Government’s commitment to improving public services through innovation once again delivered impressive results. At the 2025 Regional Apparatus Innovation Exhibition, the Department of Communication, Informatics, Statistics, and Encryption (Diskominfo SP) of Surakarta City won 2nd Place for Best Innovation with its program TULADA (Trending Unit Layanan Aduan Surakarta).

TULADA serves as a monitoring platform that tracks trending public issues and identifies citizens’ aspirations and complaints through social media and digital channels. This system allows Diskominfo SP to detect current public sentiments and deliver relevant information to related agencies for prompt action. It represents an effective use of information technology to enhance transparency and accelerate government responsiveness.

In this year’s competition, the Public Works and Spatial Planning Office (DPUPR) of Surakarta City took first place with its Click Your Space innovation, while the Civil Registration and Population Office (Dispendukcapil) earned third place.

This achievement reflects Surakarta City Government’s ongoing commitment to encouraging every agency to innovate and adapt to technological advancements to achieve public services that are transparent, efficient, and sustainable.

Komitmen Pemerintah Kutha Surakarta kanggo ningkataké kualitas layanan publik liwat inovasi maneh ngasilaké asil sing nyenengaké. Ing ajang Gelar Inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kutha Surakarta Taun 2025, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, lan Persandian (Diskominfo SP) Kutha Surakarta kasil oleh Juara 2 Kategori Inovasi Paling Apik liwat program TULADA (Trending Unit Layanan Aduan Surakarta).

TULADA dadi sarana kanggo ngawasi lan nyemak isu-isu sing rame dibicarakaké masyarakat, uga kanggo ngenali aspirasi lan aduan warga kanthi cepet liwat media sosial lan kanal digital. Kanthi sistem iki, Diskominfo SP bisa ndeteksi tren isu paling anyar lan nerusaké marang perangkat daerah sing gegandhengan supaya langsung ditindaklanjuti. TULADA dadi wujud panggunaan teknologi informasi sing efektif kanggo nguataké transparansi lan ningkataké tanggapan pemerintah marang kebutuhan warga.

Saliyane Diskominfo SP, Dinas Pekerjaan Umum lan Penataan Ruang (DPUPR) Kutha Surakarta oleh Juara 1 liwat inovasi Click Your Space, déné Dinas Kependudukan lan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) neng posisi Juara 3.

Penghargaan iki dadi bukti manawa Pemerintah Kutha Surakarta terus nyengkuyung saben perangkat daerah supaya tetep berinovasi lan bisa adaptasi karo perkembangan teknologi kanggo ngwujudaké layanan publik sing luwih transparan, cepet, lan lestari.