Diskominfo SP melaksanakan Rakor Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Surakarta Tahun 2021 di Hotel Megaland, Rabu (31/3/2021).
Rakor dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani, MA dan 35 PPID Pembantu dari OPD dan 5 Kecamatan.
Dalam arahannya, Sekda selaku atasan PPID mengingatkan seluruh PPID Pembantu untuk responsif terhadap permohonan informasi dengan mengedepankan keakuratan data, informasi dan dokumentasi supaya informasi yang disampaikan kepada publik tidak bias.
Acara ini juga menghadirkan 2 narasumber yaitu Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Drs. Sosiawan dan Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Sosiawan memaparkan tentang keterbukaan informasi dalam prinsip good governance. Sosiawan menjelaskan tentang tata kelola informasi publik, kewajiban badan publik dalam penyediaan informasi publik, serta tugas dan kewenangan PPID Utama dan PPID Pembantu.
Sementara itu, Sri Hastjarjo menjelaskan tentang peningkatan peran PPID Pembantu dalam pengelolaan informasi publik, tugas PPID Pembantu, serta tantangan PPID Pembantu dalam mendukung visi dan misi kota tahun 2021 – 2026.
Diskominfo SP nindakaken Rakor Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Surakarta Taun 2021 mapan ing Hotel Megaland, dinten Rebo (31/3/2021).
Rakor ugi dipunrawuhi dening Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani, MA lan 35 PPID Pembantu saking OPD sarta 5 Kecamatan.
Wonten ing arahanipun, Sekda minongko atasan PPID ngemutaken sadaya PPID Pembantu kedah responsif tumrap permohonan informasi kanthi ngajengaken keakuratan data, informasi ugi dokumentasi supados informasi ingkang dipunaturaken dhumateng publik mboten bias.
Kegiatan meniko ugi dipunrawuhi 2 narasumber, inggih meniko Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Drs. Sosiawan lan Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Sosiawan mbabaraken babagan keterbukaan informasi lebeting prinsip good governance. Sosiawan ugi mbabaraken bab tata kelola informasi publik, kewajiban badan publik dalam penyediaan informasi publik, ugi tugas lan kewenangan PPID Utama saha PPID Pembantu.
Sri Hastjarjo ugi mbabaraken bab peningkatan peran PPID Pembantu lebeting pengelolaan informasi publik, tugas PPID Pembantu, ugi tantangan PPID Pembantu kangge nyengkuyung visi lan misi kitha taun 2021 – 2026.
Diskominfo SP held a Coordination Meeting of the 2021 Surakarta Information and Documentation Management Officials (PPID) in at the Megaland Hotel, Wednesday (31/3/2021).
The coordination meeting is attended by the Surakarta Regional Secretary, Ir. Ahyani, MA and 35 PPID Assistants from OPD and 5 Districts.
In his direction, the Regional Secretary as the PPID supervisor reminded all PPID Assistants to be responsive to information requests by prioritizing the accuracy of data, information and documentation so that the information conveyed to the public is not biased.
This event also presents 2 speakers, namely the Head of the Central Java Provincial Information Commission, Drs. Sosiawan and Head of Communication Science Study Program of FISIP UNS Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Sosiawan explained about information disclosure in the principles of good governance. Sosiawan explained about public information governance, the obligations of public agencies in providing public information, as well as the duties and authorities of the Main PPID and PPID Assistants.
Meanwhile, Sri Hastjarjo explained about increasing the role of the PPID Assistants in managing public information, the duties of the Assistant PPID, and the challenges of the PPID Assistants in supporting the city’s development vision and mission in 2021 – 2026.
***