Diskominfo SP Kota Surakarta melaksanakan rapat Belanja Jasa Konsultasi Pelaksana Pembangunan Media Crawling, Rabu (25/08/2021) di Ruang Upakari II.
Rapat tersebut membahas tentang implementasi sistem proses pemantuan dan pengelolaan aduan masyarakat yang disampaikan melalui media sosial Pemerintah Kota Surakarta.
Melalui sistem media crawling ini, semua data yang muncul di sosial media Pemerintah Kota Surakarta akan terhimpun di satu tempat sehingga tidak perlu lagi melakukan pemantauan di sosial media secara manual.
Oleh karenanya, ketika ada saran dan masukan serta komentar yang sesuai dengan kata kunci yang sudah dibuat, akan masuk kedalam sistem.
Melalui sistem ini, masukan maupun aduan masyarakat dapat langsung diarahkan ke tempat komentar tersebut berasal.
Social media crawling merupakan salah satu teknik pengumpulan data melalui media sosial yang sudah tersedia tanpa perlu melakukan wawancara dan survey langsung di lapangan.
Sistem ini dibangun dengan harapan dapat meningkatkan kinerja pelayanan Pemerintah Daerah melalui proses pemantauan dan pengelolaan aduan masyarakat yang disampaikan melalui media sosial.
Diskominfo SP Kota Surakarta nindakaken rapat Belanja Jasa Konsultasi Pelaksana Pembangunan Media Crawling, dinten Rebo (25/08/2021) wonten ing Ruang Upakari II.
Rapat meniko ngrembag implementasi sistem proses pemantuan lan pengelolaan aduan masyarakat ingkang dipunaturaken ing media sosial Pemerintah Kota Surakarta.
Kanthi sistem media crawling meniko, sadoyo data ingkang wonten ing sosial media Pemerintah Kota Surakarta badhe kekempal ing satunggal papan mila mboten dipunbetahaken malih nindakaken pamriksan ing sosial media kanthi manual.
Pramila, menawi wonten saran lan masukan ugi komentar ingkang cocog kaliyan kata kunci ingkang sampun dipundamel, badhe mlebet ing sistem.
Kanthi sistem meniko, masukan ugi aduan masyarakat saged langsung dipunarahaken wonten ing papan asalipun komentar kasebat.
Social media crawling inggih meniko salah satunggaling teknik pengumpulan data ngangge media sosial ingkang sampun kasedhiya tanpo perlu nindakaken wawancara lan survey sacoro langsung ing lapangan.
Sistem meniko dipunbangun kanthi pangajeng-ajeng nginggilaken kinerja pelayanan Pemerintah Daerah kanthi proses pemantauan lan pengelolaan aduan masyarakat ingkang kaaturaken mawi media sosial.
Diskominfo SP Surakarta hold a meeting of Consulting Services for Implementing Crawling Media Development, Wednesday (25/08/2021) in Upakari II Room.
The meeting discusses the implementation of the process system for monitoring and managing public complaints submitted through the Surakarta City Administration’s social media.
Through this media crawling system, all data that appears on the Surakarta City Administration’s social media will be collected in one place so there is no need to manually monitor the social media.
Therefore, when there are suggestions and input and comments that match the keywords that have been made, they will be recorded by the system.
Through this system, public input and complaints can be delivered directly to the place where the comments originate.
Social media crawling is one of the data collection techniques through social media that is already available without the need to conduct interviews and direct surveys in the field.
This system was built with the hope of improving the performance of local government services through the process of monitoring and managing public complaints submitted through social media.