“Digitalisasi UMKM memiliki banyak manfaat; diantaranya hemat biaya pemasaran, jangkauan luas, meningkatkan pendapatan, mudah dalam melayani, dan berkesempatan bersaing dengan bisnis skala besar.”
Demikian disampaikan Kepala Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM, ketika membuka kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Kelas Keuangan Digital di Hotel Aston, Senin (21/2/2022).
Menurut Bu Kentis, UMKM dapat menekan biaya pemasaran jika menggunakan digital marketing dibandingkan memasarkan produk secara konvensional. Biaya iklan konvensional jauh lebih mahal dibandingkan pemasaran digital.
Dengan digitalisasi jangkauan pemasaran menjadi lebih luas dan tentunya akan meningkatkan pendapatan. Pelaku bisnis UMKM dapat menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya dan meningkatkan daya tarik konsumen.
Digitalisasi UMKM memudahkan pelaku bisnis UMKM karena dapat melayani konsumen secara real time meskipun dalam jarak jauh. Model transaksi berlangsung 24 jam tanpa adanya batasan waktu, sehingga pembeli dapat bertransaksi kapan saja dan dimana saja.
“Produk UMKM yang sudah go digital akan lebih dikenal konsumen sehingga kualitas dan harga produk antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya dapat dipantau sehingga persaingan lebih adil,” tambah Bu Kentis.
Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Kelas Keuangan Digital diselenggarakan oleh BPSDM Kominfo Yogyakarta diikuti oleh 60 peserta yang merupakan pelaku UMKM di Kota Surakarta.
“Digitalisasi UMKM nggadhahi manfaat ingkang kathah; antawisipun hemat biaya pemasaran, jangkauan ingkang wiyar, nginggilaken pendapatan, gampil anggenipun ngladosi, lan gadhah kesempatan saingan kaliyan bisnis ingkang skalanipun langkung ageng.”
Mekaten ngendikanipun Kepala Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM, naliko mbikak kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Kelas Keuangan Digital wonten ing Hotel Aston, dinten Senen (21/2/2022).
Miturut Bu Kentis, UMKM saged ngirangi biaya pemasaran menawi ngangge digital marketing dipunbandingaken masaraken produk kanthi konvensional. Biaya iklan konvensional langkung awis dipunbandingaken pemasaran digital.
Kanthi digitalisasi jangkauan pemasaran dados langkung wiyar lan tamtunipun saged nginggilaken pendapatan. Pelaku bisnis UMKM saged ngangge media sosial kangge masaraken produkipun lan nginggilaken daya tarik konsumen.
Digitalisasi UMKM ngampilaken pelaku bisnis UMKM amargi saged ngladosi konsumen kanthi real time sinaoso jarakipun tebih. Model transaksi kedados 24 jam tanpo wontenipun batesan wekdal, milo piyantun ingkang badhe mundhut saged nindakaken transaksi kolo menopo kemawon lan wonten pundi kemawon.
“Produk UMKM ingkang sampun go digital badhe langkung dipuntepang konsumen milo kualitas lan reginipun produk antawis perusahaan saged dipunpirsani supados persaingan langkung adil,” ngendikanipun Bu Kentis.
Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Kelas Keuangan Digital kawontenaken dening BPSDM Kominfo Yogyakarta dipuntumuti dening 60 peserta inggih meniko pelaku UMKM ing Kitha Surakarta.
“Digitalization of MSMEs has many benefits; including cost-effective marketing, wide marketing reach, increasing revenue, easy to serve, and the opportunity to compete with large-scale businesses.”
This statement is said by the Head of Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM, when opening the Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Training for Digital Finance Class at Aston Hotel, Monday (21/2/2022).
According to Bu Kentis, MSMEs can reduce marketing costs if they use digital marketing compared to conventional marketing. Conventional advertising costs much more than digital one.
With digitalization, marketing reach becomes wider and will certainly increase revenue. MSME business bussiness people can use social media to promote their products and increase consumer attractiveness.
The digitization of MSMEs makes it easier for MSME business bussiness people because they can serve consumers in real time even though they are far away. The transaction model lasts 24 hours without any time limit, so buyers can make transactions anytime and anywhere.
“MSME products that have gone digital will be better known to consumers so that the products’ quality and price of one company to another can be monitored so that competition is fairer,” added Bu Kentis.
Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Training for Digital Finance Class held by BPSDM Kominfo Yogyakarta is attended by 60 participants who are MSME bussiness people in Surakarta.
***