Diskominfo SP melaksanakan rapat koordinasi mengenai tindak lanjut aduan masyarakat melalui Unit Layanan Aduan Masyarakat (ULAS) di Ruang Upakari II, Senin (13/02/2023).
Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo SP Isnan Wihartanto, SH. dan dihadiri oleh Kepala Bidang Statistik Siti Handayani, SH., M.Hum, tim pengelola ULAS juga sejumlah instansi terkait.
Instanti tersebut diantaranya Kementerian Agama, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri, Kantor Agraria ATR BPN, OJK, Bank Indonesia, PLN, PT KAI, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS Bengawan Solo), BPJS, Kapolresta Surakarta, Terminal Tittonadi, Rumah Tahanan Negara Kelas I, Cabang Dinas 7 (Bakorwil), Kepala BNN Kota Surakarta dan Solo Safari.
Rapat dimaksudkan untuk membahas beberapa hal yaitu mengenai ULAS, SOP penanganan aduan, jumlah aduan per tahun dan per bulan, juga kontribusi dari WA Lapor MasWali.
Unit Layanan Aduan Masyarakat Surakarta atau yang disingkat dengan ULAS merupakan suatu wadah aspirasi masyarakat atau layanan pengaduan masyarakat berbasis online yang disediakan oleh Pemerintah Kota Surakarta.
Berdasarkan Peraturan Walikota No 29 tahun 2019 tentang Unit Layanan Aduan Surakarta, Kota Surakarta memiliki kanal ULAS ini yang terintegrasi dengan layanan aduan WhatsApp Lapormaswali dan sosial media resmi pemerintah kota. Laporan terkait ULAS disampaikan kepada Walikota setiap 3 (tiga) bulan sekali.
Sebagai wadah untuk penanganan pengaduan masyarakat, jumlah aduan di ULAS per tahunnya selalu mengalami kenaikan mulai dari 2019 dengan total aduan 834 hingga pada tahun 2022 yang mencapai 10.506 aduan yang masuk.
Diantara aduan yang masuk tersebut, ada yang ditujukan pada instansi vertikal sehingga dibutuhkan koordinasi lebih lanjut mengingat instansi-instansi tersebut berada di luar koordinasi Pemerintah Kota Surakarta.
Menindaklanjut hal tersebut, tim pengelola ULAS menyampaikan kepada sejumlah instansi tersebut dapat mengirimkan seorang admin guna menjawab dan merespon aduan masyarakat secara lebih cepat dan tepat.
Selanjutnya, untuk pelatihan teknisi admin akan dilaksanakan rapat koordinasi lagi pada hari Kamis, 16 Februari 2023 di Diskominfo SP.
Diskominfo SP nindakaken rapat koordinasi bab tindak lanjut aduan masyarakat mawi Unit Layanan Aduan Masyarakat (ULAS) ing Ruang Upakari II, dinten Senen (13/02/2023).
Rapat dipunpimpin dening Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo SP Isnan Wihartanto, SH. lan dipunrawuhi dening Kepala Bidang Statistik Siti Handayani, SH., M.Hum, tim pengelola ULAS ugi pinten-pinten instansi terkait.
Instanti meniko antawsisipun Kementerian Agama, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri, Kantor Agraria ATR BPN, OJK, Bank Indonesia, PLN, PT KAI, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS Bengawan Solo), BPJS, Kapolresta Surakarta, Terminal Tirtonadi, Rumah Tahanan Negara Kelas I, Cabang Dinas 7 (Bakorwil), Kepala BNN Kota Surakarta lan Solo Safari.
Rapat dipunmaksudaken kangge ngrembag pinten-pinten perkawis inggih meniko ULAS, SOP penanganan aduan, jumlah aduan saben tahun lan saben wulan, ugi kontribusi saking WA Lapor MasWali.
Unit Layanan Aduan Masyarakat Surakarta utawi cekakipun ULAS inggih meniko satunggaling wadah aspirasi masyarakat utawi layanan pengaduan masyarakat basisipun online ingkang dipunsedhiyakaken dening Pemerintah Kota Surakarta.
Adhedhasar Peraturan Walikota No 29 taun 2019 bab Unit Layanan Aduan Surakarta, Kota Surakarta kagungan kanal ULAS ingkang terintegrasi kaliyan layanan aduan WhatsApp Lapormaswali lan sosial media resmi pemerintah kota. Laporan kekait ULAS dipunaturaken dhateng Walikota saben tigang wulan sepindah.
Dados wadah kangge penanganan pengaduan masyarakat, jumlah aduan ing ULAS saben taunipun tansah minggah wiwit saking taun 2019 ingkang total aduanipun 834 lan ing taun 2022 ingkang ngantos 10.506 aduan.
Antawis aduan meniko, wonten ingkang kangem instansi vertikal dados dipunbetahaken koordinasi malih amargi instansi-instansi meniko benten koordinasi kaliyan Pemerintah Kota Surakarta.
Pramilo, tim pengelola ULAS ngaturaken dhateng pinten-pinten instansi meniko saged ndhawuhi admin kangge maringi jawaban lan ngrespon aduan masyarakat kanthi langkung enggal lan leres.
Saklajengipun, kangge pelatihan teknisi admin badhe katindakaken rapat koordinasi malih ing dinten Kemis, 16 Februari 2023 ing Diskominfo SP.
Diskominfo SP hold a coordination meeting regarding the follow-up of community complaints through the Community Complaints Service Unit (ULAS) in Upakari Room II, Monday (13/02/2023).
The meeting is chaired by the Head of E-Government Division Diskominfo SP Isnan Wihartanto, SH. and attended by the Head of Statistics Division Siti Handayani, SH., M.Hum, the ULAS management team as well as a number of related agencies.
These include the Ministry of Religious Affairs, Religious Courts, District Attorney’s Office, ATR BPN Agrarian Office, OJK, Bank Indonesia, PLN, PT KAI, Bengawan Solo River Basin Center (BBWS Bengawan Solo), BPJS, Surakarta Police Chief, Tittonadi Terminal, Class I State Detention Center, Branch of Service 7 (Bakorwil), Head of BNN Surakarta City and Solo Safari.
The meeting is intended to discuss several things, namely regarding ULAS, SOP for handling complaints, the number of complaints per year and per month, as well as contributions from WA Lapor MasWali.
The Surakarta Community Complaints Service Unit or abbreviated as ULAS is a forum for community aspirations or online-based community complaint services provided by the Surakarta City Administration.
Based on Mayor Regulation No. 29 of 2019 concerning the Surakarta Complaint Service Unit, Surakarta City has this ULAS channel which is integrated with the Lapormaswali WhatsApp complaint service and the official social media of the city government. Reports related to ULAS are submitted to the Mayor every 3 (three) months.
As a forum for handling community complaints, the number of complaints in ULAS per year always increases starting from 2019 with a total of 834 complaints until 2022 which reaches 10,506 incoming complaints.
Among the incoming complaints, some are directed at vertical agencies so that further coordination is needed considering that these agencies are outside the coordination of the Surakarta City Government.
Following up on this, the ULAS management team said that a number of agencies can send an admin to answer and respond to community complaints more quickly and precisely.
Furthermore, for admin technician training, another coordination meeting will be held on Thursday, February 16, 2023 at Diskominfo SP.
***