Diskominfo SP melaksanakan pelatihan Unit Layanan Aduan Mayarakat (ULAS) bagi admin dari instansi di luar koordinasi pemerintah kota di Ruang Upakari II, Kamis (16/02/2023).
Pelatihan yang diikuti 17 instansi ini dimaksudkan untuk menyelesaikan aduan masyarakat yang disampaikan ke instansi di luar koordinasi pemerintah kota agar mendapat jawaban akurat.
Terhitung jumlah aduan yang masuk ke instansi di luar koordinasi pemerintah kota tersebut berjumlah 43 aduan selama tahun 2022.
Instansi yang diundang diantaranya Kementerian Agama, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri, Kantor Agraria ATR BPN, OJK, Bank Indonesia, PLN, PT KAI, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS Bengawan Solo), BPJS, Kapolresta Surakarta, Terminal Tirtonadi, Rumah Tahanan Negara Kelas I, Cabang Dinas 7 (Bakorwil), Kepala BNN Kota Surakarta dan Solo Safari.
Pelatihan ini di buka oleh Kepala Bidang Statistik Siti Handayani, SH., M.Hum, di dampingi oleh Koordinator Lapormaswali Taufik Ariyanta, SE, Super Admin ULAS Risang Cantika Budi, S.T dan Jufans Anurwan Ilmiarsono, A.Md.
Pelatihan diisi dengan tata cara teknis menjawab aduan di ULAS serta memberikan penjelasan mengenai menu yang ada di dalam website ULAS yang disampaikan oleh Jufans Anurwan Ilmiarsono.
Selain itu, Koordinator Lapormaswali Taufik Ariyanta juga memberikan pengarahan bagaimana membuat laporan aduan ke Lapormaswali melalui WhatsApp dan memberikan penjelasan teknis tentang penyampaian aduan melalui platform tersebut.
Diakhir pelatihan, Risang Cantika Budi mengharapkan supaya pelatihan ini dapat membuat proses pengelolaan aduan yang masuk menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat. Selain itu, Risang juga menambahkan bahwa kolaborasi ini akan membuat pembangunan di Solo menjadi semakin meningkat.
Diskominfo SP nindakaken pelatihan Unit Layanan Aduan Mayarakat (ULAS) kangge admin saking instansi ingkang mboten kalebet koordinasinipun pemerintah kota wonten ing Ruang Upakari II, dinten Kemis (16/02/2023).
Pelatihan ingkang dipuntumuti 17 instansi meniko dipunmaksudaken kangge ngrampungi aduan masyarakat ingkang dipunaturaken dhateng instansi ingkang mboten kalebet koordinasi pemerintah kota supados pikantuk jawaban ingkang akurat.
Cacahipun aduan ingkang dipunkintunaken dhateng instansi ingkang mboten kalebet koordinasi pemerintah kota meniko 43 aduan selami taun 2022.
Instansi ingkang dipunundang antawisipun Kementerian Agama, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri, Kantor Agraria ATR BPN, OJK, Bank Indonesia, PLN, PT KAI, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS Bengawan Solo), BPJS, Kapolresta Surakarta, Terminal Tirtonadi, Rumah Tahanan Negara Kelas I, Cabang Dinas 7 (Bakorwil), Kepala BNN Kota Surakarta lan Solo Safari.
Pelatihan meniko dipunbikak dening Kepala Bidang Statistik Siti Handayani, SH., M.Hum, kaampingan dening Koordinator Lapormaswali Taufik Ariyanta, SE, Super Admin ULAS Risang Cantika Budi, S.T lan Jufans Anurwan Ilmiarsono, A.Md.
Pelatihan dipunisi kanthi tata cara teknis njawab aduan ing ULAS ugi maringi materi bab menu ingkang wonten saklebeting website ULAS ingkang dipunaturaken dening Jufans Anurwan Ilmiarsono.
Kajawi meniko, Koordinator Lapormaswali Taufik Ariyanta ugi maringi arahan toto coro ndamel laporan aduan dhateng Lapormaswali mawi WhatsApp lan toto coro teknis bab paring aduan mawi platform meniko.
Ing pungkasaning pelatihan, Risang Cantika Budi ngajeng-ajeng supados pelatihan meniko saged ndamel proses pengelolaan aduan ingkang mlebet langkung enggal, trep, lan akurat. Kajawi, Risang ugi nambahaken bilih kolaborasi meniko badhe ndamel pembangunan ing Solo dados tansah ningkat.
Diskominfo SP carries out training for the Mayarakat Complaint Service Unit (ULAS) for admins from agencies outside the coordination of the city administration in Upakari Room II, Thursday (16/02/2023).
The training, which is attended by 17 agencies, is intended to resolve community complaints submitted to agencies outside the coordination of the city administration in order to get accurate answers.
The number of complaints that entered agencies outside the coordination of the city administration amounted to 43 complaints during 2022.
The invited agencies include the Ministry of Religious Affairs, Religious Courts, District Attorney’s Office, ATR BPN Agrarian Office, OJK, Bank Indonesia, PLN, PT KAI, Bengawan Solo River Basin Center (BBWS Bengawan Solo), BPJS, Surakarta Police Chief, Tirtonadi Terminal, Class I State Detention Center, Branch of Service 7 (Bakorwil), Head of BNN Surakarta City and Solo Safari.
This training is opened by the Head of Statistics Siti Handayani, SH., M.Hum, accompanied by Coordinator of Lapormaswali Taufik Ariyanta, SE, Super Admin of ULAS Risang Cantika Budi, S.T and Jufans Anurwan Ilmiarsono, A.Md.
The training is filled with technical procedures for answering complaints at ULAS and providing explanations about the menu on the ULAS website delivered by Jufans Anurwan Ilmiarsono.
In addition, Lapormaswali Coordinator Taufik Ariyanta also explaines how to make a complaint report to Lapormaswali via WhatsApp and provided a technical explanation on submitting complaints through the platform.
At the end of the training, Risang Cantika Budi hopes that this training can make the process of managing incoming complaints faster, more precise, and more accurate. In addition, Risang also added that this collaboration will make development in Solo increase.
***