Diskominfo SP melaksanakan rapat koordinasi untuk membahas mengenai assessment data sistem aplikasi Satu Keluarga secara teknis di Ruang Upakari II (17/01/2023).
Rapat dipimpin Analis Data dan Informasi Bidang Teknologi dan Informatika (TI) Jufans Anurwan Ilmiarsono dan dihadiri oleh pelaksana di Bidang TI, perwakilan dari DP3AP2KB, juga dari PT. Argo Cipta Persada (ACP) selaku penyedia jasa.
Rapat dilakukan untuk menindaklanjuti lanjut apakah Aplikasi Satu Keluarga layak untuk masuk ke server Pemerintah Kota Surakarta.
Persiapan dari aplikasi Satu Keluarga sendiri sudah cukup matang dengan penyediaan kader di tiap daerah sebanyak 1.209 orang, namun yang bisa menginput data hanya perwakilan pendamping tim yang berjumlah 400 orang.
Dalam aplikasi tersebut terdapat menu dan fitur yang bisa diakses oleh publik berupa rekapitulasi data secara umum.
Selain itu, juga ada data yang hanya bisa diakses oleh admin yang berisi data yang lebih detail seperti identitas dan alamat penduduk yang bersangkutan.
Pada kesempatan ini, Diskominfo SP menyoroti beberapa poin penting yang masih harus dibenahi, termasuk dari segi keamanan sistem masih ada beberapa fitur privat yang bisa diakses publik sehingga aset-aset penting beresiko dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Kemudian mengenai pembuatan kata sandi yang belum sesuai dengan pedoman Diskominfo SP, penyedia jasa diminta untuk menyesuaikan pedoman tersebut dan menyediakan opsi ubah password bagi kader-kader yang hendak mengubah password sesuai dengan pedoman.
Terkait penamaan aplikasi juga disarankan untuk mengganti nama Satu Keluarga dikarenakan nama tersebut memiliki kemiripan dengan aplikasi Satu Data Surakarta.
***
Diskominfo SP nindakaken rapat koordinasi kangge ngrembag assessment data sistem aplikasi Satu Keluarga kanthi teknis ing Ruang Upakari II (17/01/2023).
Rapat dipunpimpin Analis Data dan Informasi Bidang Teknologi dan Informatika (TI) Jufans Anurwan Ilmiarsono lan dipuntumuti dening pelaksana ing Bidang TI, perwakilan saking DP3AP2KB, ugi saking PT. Argo Cipta Persada (ACP) selaku penyedia jasa.
Rapat dipuntindakaken kangge nindaklajengaken menopo Aplikasi Satu Keluarga saged nyucupi sarat kangge dipunlebetaken ing server Pemerintah Kota Surakarta.
Persiapan saking aplikasi Satu Keluarga sampun cekap kanthi kasedhiyonipun kader ing saben daerah ingkang cacahipun 1.209 piyantun, nanging ingkang saged nginput data namung perwakilan pendamping tim ingkang cacahipun 400 piyantun.
Lebeting aplikasi meniko wonten menu lan fitur ingkang saged dipunakses dening publik arupi rekapitulasi data sacoro umum.
Kajawi, wonten ugi data ingkang namung saged dipunakses dening admin ingkang isinipun data ingkang langkung detail kados identitas lan alamat penduduk.
Ing wekdal meniko, Diskominfo SP nyoroti pinten-pinten poin penting ingkang kedah dipundandosi, inggih meniko saking segi keamanan sistem tasih wonten pinten-pinten fitur privat ingkang tasih saged dipunakses publik ingkang ndadosaken aset-aset penting nggadhahi resiko dipunpendhet dening tiyang ingkang mboten nggadhahi tanggel jawab.
Saklajengipun kata sandi ingkang dereng cocog kaliyan pedoman Diskominfo SP, penyedia jasa dipunsuwun supados saged nyocogaken pedoman kasebat lan nyedhiyakaken opsi ubah password kangge kader-kader ingkang badhe ndamel password ingkang cocog kaliyan pedoman.
Kekait naminipun aplikasi ugi dipunsaranaken supados nggantos nami Satu Keluarga amargi nami kasebat nggadahi memper kaliyan aplikasi Satu Data Surakarta.
***
Diskominfo SP hold a coordination meeting to discuss the technical assessment of the Satu Keluarga application system data in Upakari Room II (17/01/2023).
The meeting is chaired by Data and Information Analyst for Technology and Informatics (IT) Jufans Anurwan Ilmiarsono and attended by implementers in the IT Division, representatives from DP3AP2KB, as well as from PT. Argo Cipta Persada (ACP) as a service provider.
The meeting is held to follow up further whether the Satu Keluarga Application is feasible to enter the Surakarta City Administration server.
The preparation of the Satu Keluarga application itself is quite mature with the provision of cadres in each region as many as 1,209 people, but only 400 representatives that is able to input data.
In the application, there are menus and features that can be accessed by the public in the form of data recapitulation in general.
In addition, there is also data that can only be accessed by admins that contains more detailed data such as the identity and address of the resident concerned.
On this occasion, Diskominfo SP highlighted several important points that still have to be addressed, including in terms of system security, there are still some private features that can be accessed by the public so that important assets are at risk of being stolen by irresponsible people.
Then regarding the creation of passwords that are not in accordance with the guidelines of Diskominfo SP, service providers are asked to adjust the guidelines and provide an option to change passwords for cadres who want to change passwords in accordance with the guidelines.
Regarding the naming of the application, it is also recommended to change the name of One Family because the name has similarities with the One Data Surakarta application.
***