Diskominfo SP mengikuti Webinar Penguatan Kapasitas Kehumasan dengan tema Meningkatkan Citra Lembaga melalui Pengelolaan Konten Media Sosial dan Optimalisasi Fungsi Kehumasan, Senin (26/4/2021).
Webinar ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kehumasan lembaga pemerintah khususnya KPU dan Diskominfo se-Jawa Tengah.
Narasumber yang hadir adalah Founder & CEO HUMAS INDONESIA.ID/PR INDONESIA Group Asmono Wikan dan Social Media Advisor Wicaksono.
Pada kesempatan ini Asmono menyatakan bahwa humas harus berkomunikasi menggunakan hati.
“Berkomunikasi dengan menggunakan hati artinya menempatkan pesan jauh lebih relevan, kontekstual, dan empatik di mata audiens,†katanya.
Di sisi lain, Wicaksono mengatakan bahwa dalam berkomunikasi melalui media sosial perlu diperhatikan adanya engagement rate (tingkat keterlibatan).
“Semakin tinggi angka persentase engagement rate, semakin bagus. Lalu faktor penentunya apa? Faktor penentunya adalah berapa banyak Like, Comment, Share, dan Save dari masyarakat.†tambahnya.
Selain sesi paparan dan tanya jawab, diakhir acara juga diadakan kuis dan peserta yang beruntung mendapat buku yang berisi materi tentang kehumasan.
Diskominfo SP ndherek Webinar Penguatan Kapasitas Kehumasan dengan tema Meningkatkan Citra Lembaga melalui Pengelolaan Konten Media Sosial dan Optimalisasi Fungsi Kehumasan, dinten Senen (26/4/2021).
Webinar meniko kawontenaken kangge ningkataken kapasitas kehumasan lembaga pemerintah utaminipun KPU lan Diskominfo ing tlatah Jawa Tengah.
Narasumber ingkang rawuh antawisipun Founder & CEO HUMAS INDONESIA.ID/PR INDONESIA Group Asmono Wikan lan Social Media Advisor Wicaksono.
Ing kalodhangan meniko, Asmono ngendiko bilih humas kedah nindakaken komunikasi ngagem manah.
“Nindakaken komunikasi ngagem manah maknanipun manggenaken pesan langkung relevan, kontekstual, lan empatik dhumateng audiens,†ngendikanipun Asmono.
Ing sisih sanes, Wicaksono ugi ngendiko bilih nindakaken komunikasi mawi media sosial kedah mogatosaken engagement rate.
“Soyo inggil ongko persentase engagement rate, soyo sae. Lajeng, menopo faktor penentunipun? Faktor penentunipun inggih meniko jumlahipun Like, Comment, Share, lan Save saking wargo masyarakat.†Ngendikanipun Wicaksono.
Kajawi sesi paparan lan tanya jawab, ing pungkasaning acoro ugi kawontenaken kuis lan peserta ingkang begja pikantuk buku ingkang isinipun materi bab kehumasan.
Diskominfo SP attend a Public Relations Capacity Strengthening Webinar with the theme of Improving Institutional Image through Social Media Content Management and Public Relations Function Optimization on Monday (26/4/2021).
This webinar is aimed at increasing public relations capacity of government agencies, especially the KPU and Diskominfo throughout Central Java.
The occassion’s speakers are Founder & CEO of HUMAS INDONESIA.ID/PR INDONESIA Group Asmono Wikan and Social Media Advisor Wicaksono.
On this occasion Asmono states that public relations must communicate with heart.
“Communicating with heart means placing messages that are much more relevant, contextual, and empathetic in the eyes of the audience,” he said.
On the other hand, Wicaksono said that in communicating via social media it is necessary to pay attention to the level of involvement.
“The higher the proportion of engagement rate, it would be better. So, what are the determining factor? The determining factor is how many Likes, Comments, Shares, and Saves from the community,†he added.
In addition to the presentation and question and answer session, at the end of the event a quiz is also held and the lucky participants received books containing material on public relations.
***