
Surakarta – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Surakarta menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penguatan Kapasitas Pengelola ULAS, Rabu 26 Februari 2025 di Bale Tawangarum, Kompleks Balaikota Surakarta.
Kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran Admin ULAS dalam mengelola pengaduan masyarakat guna mewujudkan pelayanan publik yang lebih transparan dan akuntabel.
Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Surakarta menekankan pentingnya pengelolaan pengaduan yang baik, karena hal itu merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan kualitas layanan pemerintah.
BIMTEK dihadiri 125 peserta yang terdiri dari tim pengelola ULAS, tim Lapor Mas Wali, serta admin ULAS dari berbagai perangkat daerah, BUMD, instansi vertikal, dan puskesmas.
Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D., CPM, selaku narasumber mengungkapkan bahwa pengaduan masyarakat secara daring memiliki tantangan tersendiri. Tidak adanya ekspresi non-verbal, sifatnya yang publik, serta sering kali emosional dan mendesak, menjadikan peran admin ULAS semakin krusial.
“Menjawab ULAS harus dengan teknik yang baik, sama seperti mendalami public speaking.”tegasnya.
BIMTEK diharapkan dapat meningkatkan komitmen pengelola daerah dalam menangani pengaduan masyarakat serta mendorong instansi agar lebih responsif dalam memberikan solusi atas setiap keluhan yang disampaikan.
Surakarta – The Surakarta City Office of Communication, Informatics, Statistics, and Cryptography (Diskominfo SP) held a Technical Guidance (BIMTEK) on Strengthening the Capacity of ULAS Managers on Wednesday, February 26, 2025, at Bale Tawangarum, Surakarta City Hall Complex.
This event aims to enhance the role of ULAS administrators in managing public complaints to achieve more transparent and accountable public services.
In his speech, the Assistant for General Administration of the Surakarta City Secretariat emphasized the importance of proper complaint management, as it is one of the key factors in improving the quality of government services.
The BIMTEK was attended by 125 participants, consisting of ULAS management teams, the “Lapor Mas Wali” team, as well as ULAS administrators from various regional agencies, regional-owned enterprises (BUMD), vertical institutions, and community health centers (puskesmas).
Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D., CPM, as the keynote speaker, stated that handling online public complaints presents its own challenges. The lack of non-verbal expressions, its public nature, and the often emotional and urgent tone make the role of ULAS administrators increasingly crucial.
“Responding to ULAS requires proper techniques, just like mastering public speaking,” he emphasized.
The BIMTEK is expected to strengthen the commitment of regional administrators in handling public complaints and encourage institutions to be more responsive in providing solutions to every reported issue.
Surakarta – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kitha Surakarta nggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pangukuhan Kapasitas Pengelola ULAS, Rebo, tanggal 26 Februari 2025, di Bale Tawangarum, Komplek Balaikotha Surakarta.
Kegiatan punika kagungan tujuan kangge ningkatake peran Admin ULAS ing ngelola pangaduan masyarakat, supados saget mujudake palayanan publik ingkang langkung transparan lan akuntabel.
Ing sesambetanipun, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kitha Surakarta nyeratake wigatinipun pangelolaan pangaduan ingkang sae, amargi punika salah satunggaling kunci utama kangkang ningkatake kualitas palayanan pamarentah.
BIMTEK punika kapundhut dening 125 peserta, ingkang kasebat saking tim pengelola ULAS, tim Lapor Mas Wali, saha admin ULAS saking menika perangkat daerah, BUMD, instansi vertikal, saha puskesmas.
Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D., CPM, minangka narasumber, nyariosaken bilih pangaduan masyarakat sacara dare kagungan tantangan piyambak. Tanpa ekspresi non-verbal, sipatipun publik, lan asring emosional saha mendesak, ndadosake peran admin ULAS saya wigati.
“Mangsuli ULAS kedah nganggo teknik ingkang sae, kados dene nguwaosi public speaking,” panjenenganipun negesaken.
Mekaten, pangajeng-ajeng saking BIMTEK punika, supados pengelola daerah saged langkung setya tumrap ngadhepi pangaduan masyarakat, saha ndhukung instansi supados langkung tanggap nyadiake solusi tumrap saben keluhan ingkang kasamekaken.