Kepala Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM, menerima kunjungan dari Badan Pengembangan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDTT) Republik Indonesia, Senin (27/12/2021).
Rombongan berjumlah 4 orang yang merupakan jajaran fungsional pada Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Kunjungan dimaksudkan untuk melaksanakan benchmarking tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) yang dikelola oleh Diskominfo SP.
ULAS dipilih karena mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB tahun 2020 dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik.
Selain itu, BPI Kemendes juga tengah mengembangkan aplikasi pengelolaan aduan masyarakat dan ingin belajar mengelola aduan seperti yang dilaksanakan pengelola ULAS.
Dalam paparannya, Kepala Diskominfo SP menjelaskan tentang dasar hukum, pengelola ULAS, tugas ULAS, kategori aduan ULAS, serta jumlah aduan yang disampaikan masyarakat kepada ULAS.
Setelah paparan, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab, ramah tamah, kemudian foto bersama.
Kepala Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM, nampi kunjungan saking Badan Pengembangan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDTT) Republik Indonesia, dinten Senen (27/12/2021).
Rombongan sakathah 4 piyantun inggih meniko jajaran fungsional ing Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Kunjungan dipunmaksudaken kangge nindakaken benchmarking bab pengelolaan pengaduan pelayanan publik Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) ingkang dipunkelola dening Diskominfo SP.
ULAS dipunpilih amargi pikantuk penghargaan saking Kementerian PAN-RB taun 2020 anggenipun nindakaken pengelolaan pengaduan pelayanan publik.
Kajawi, BPI Kemendes ugi nembe ngembangaken aplikasi pengelolaan aduan masyarakat lan badhe sinau ngelola aduan kados ingkang dipuntindakaken pengelola ULAS.
Wonten ing paparanipun, Kepala Diskominfo SP ngendiko babagan dasar hukum, pengelola ULAS, tugas ULAS, kategori aduan ULAS, ugi jumlah aduan saking masyarakat dhateng ULAS.
Saksampunipun paparan, kegiatan kalajengaken tanya jawab, ramah tamah, lan foto sesarengan.
Head of Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM, receives a visit from the Development and Information Agency of the Ministry of Villages, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration (BPI Kemendes PDTT) of the Republic of Indonesia, Monday (27/12/2021).
The group consists of 4 people who are functional members of the Village Development and Information Agency, Disadvantaged Regions, and Transmigration.
The visit s intended to carry out benchmarking on the management of public service complaints from the Surakarta Complaints Service Unit (ULAS) which is managed by Diskominfo SP.
ULAS is chosen because the unit received an award from the Ministry of PAN-RB in 2020 in the management of public service complaints.
In addition, BPI Kemendes is also developing a community complaint management application and wants to learn to manage complaints as the ULAS managers does.
In her presentation, the Head of Diskominfo SP explaines about the legal basis, ULAS management, ULAS duties, categories of ULAS complaints, and the number of complaints submitted by the public to ULAS.
After the presentation, the activity continued with questions and answers, hospitality, then a group photo.
***