
Surakarta, 22 Mei 2025 – Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) menggelar rapat koordinasi penanganan aduan ULAS di Ruang Rapat Upakari II, Kompleks Balai Kota Surakarta, Kamis (22/5). Agenda ini menindaklanjuti Peraturan Wali Kota Surakarta Nomor 8.1 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Aduan.
Dalam pertemuan tersebut, Isnan Wihartanto, Kepala Bidang Penyelenggara E-Government, menyoroti peran kepemimpinan dalam pengawalan sistem aduan sejak awal.
“Pengelolaan aduan telah dikawal aktif mulai dari Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, hingga kini oleh Mas Respati. Di bawah koordinasi Mas Respati, evaluasi aduan trending rutin dilakukan setiap Senin pagi untuk memastikan tindak lanjut maksimal dalam 2×24 jam,” tegas Isnan.
Senada dengan hal itu, Taufik Ariyanta, Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo SP, menyampaikan pentingnya peran admin dalam memastikan aduan masyarakat cepat ditangani.
“Sekitar 80–90 persen aduan masuk lewat WhatsApp Mas Wali. Kami sebagai admin berada di garda depan, wajib memberikan respons maksimal dalam 1×24 jam. Ini adalah wujud pelayanan cepat dan tanggap,” ujarnya.
Lebih lanjut, Taufik juga mengingatkan pentingnya data sebagai bahan evaluasi. “Kami butuh data 10 aduan terbanyak setiap periode sebagai bahan perbaikan pelayanan. Jangan sampai ada OPD, termasuk Prokopim, masuk daftar aduan karena belum memberikan respons,” imbuhnya.
Isnan juga menambahkan adanya perubahan di tingkat admin, seperti pergantian petugas di Prokopim, yang menuntut koordinasi intensif antar pengelola ULAS dan seluruh OPD. Hal ini untuk mencegah miskomunikasi serta mempercepat penyelesaian aduan.
Dengan tetap mengedepankan sinergi dan respons, Diskominfo SP menegaskan komitmennya dalam memastikan pelayanan publik berjalan optimal, adaptif, dan transparan demi kepuasan masyarakat.
Surakarta, May 22, 2025 – The Surakarta City Government, through the Department of Communication, Informatics, Statistics, and Encryption (Diskominfo SP), held a coordination meeting on the handling of ULAS complaints at Upakari II Meeting Room, Surakarta City Hall Complex, on Thursday (May 22). This agenda follows up on Surakarta Mayor Regulation No. 8.1 of 2023 concerning Complaint Management.
In the meeting, Isnan Wihartanto, Head of the E-Government Implementation Division, emphasized the importance of leadership in overseeing the complaint system from the start.
“The complaint management process has been actively supervised from Mayor Gibran Rakabuming Raka, Deputy Mayor Teguh Prakosa, and now under Mr. Respati. Under Mr. Respati’s coordination, trending complaints are regularly evaluated every Monday morning to ensure maximum follow-up within 48 hours,” Isnan asserted.
Echoing this, Taufik Ariyanta, Junior Expert Computer Analyst at Diskominfo SP, highlighted the critical role of admins in ensuring quick handling of public complaints.
“Around 80–90 percent of complaints come through the Mayor’s WhatsApp. We, as admins, are on the front lines and must provide a maximum response within 24 hours. This reflects our commitment to quick and responsive service,” he said.
Taufik also emphasized the importance of data for evaluation. “We need data on the top 10 most reported complaints in each period as a basis for service improvement. No OPD, including Prokopim, should be on the complaint list due to lack of response,” he added.
Isnan further mentioned that changes at the admin level, such as personnel shifts in Prokopim, require intensive coordination among ULAS managers and all OPDs to avoid miscommunication and speed up complaint resolution.
By maintaining synergy and responsiveness, Diskominfo SP reaffirms its commitment to ensuring that public services operate optimally, adaptively, and transparently to satisfy the community.
Surakarta, 22 Mei 2025 – Pemerintah Kitha Surakarta lumantar Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, lan Persandian (Diskominfo SP) nggelar rapat koordinasi penanganan aduan ULAS ing Ruang Rapat Upakari II, Kompleks Balai Kota Surakarta, dinten Kemis (22/5). Rapat punika minangka tindak lanjut Peraturan Wali Kota Surakarta Nomor 8.1 Tahun 2023 bab Pengelolaan Aduan.
Ing pepanggonan punika, Bapak Isnan Wihartanto, Kepala Bidang Penyelenggara E-Government, nyariosaken pentinge kapemimpinan kang ngawal sistem aduan wiwit wiwitan.
“Pengelolaan aduan sampun dipun kawal aktif saking Bapak Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Bapak Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, lan sak menika dipun terusaken dening Mas Respati. Ing koordinasi Mas Respati, evaluasi aduan trending dipun lakoni saben esuk Senin kanggé njamin tindak lanjut maksimal sajroning 2×24 jam,” pitedahipun Pak Isnan.
Sesarengan kaliyan punika, Bapak Taufik Ariyanta, Pranata Komputer Ahli Muda saking Diskominfo SP, nyariosaken wigatine peranipun admin kanggé mesthekake aduan masyarakat saget ditangani kanthi cepet.
“Kirang langkung 80–90 persen aduan mlebet lumantar WhatsAppipun Mas Wali. Kula lan rencang admin punika dados garda ngarep, wajib paring tanggapan maksimal sajroning 1×24 jam. Punika minangka wujud pelayanan enggal lan tanggap,” ngendikanipun.
Pak Taufik ugi nyebataken wigatine data kanggé bahan evaluasi. “Kula mbetah data 10 aduan paling kathah saben periode kanggé bahan perbaikan layanan. Mugi boten wonten OPD, kalebet Prokopim, mlebet daftar aduan awit durung maringi tanggapan,” pangandikanipun.
Pak Isnan nambahaken menawi wonten owah-owahan petugas admin, kados ing Prokopim, punika mbutuhake koordinasi intensif antar pengelola ULAS lan sedaya OPD, supados boten wonten miskomunikasi saha percepatan solusi aduan.
Diskominfo SP netepake komitmenipun kanggé njamin layanan publik lumampah kanthi optimal, adaptif, saha transparan, kanggé nyukani rasa puas dhumateng masyarakat.