Kepala Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM memimpin koordinasi internal terkait pengelolaan aduan masyarakat yang disampaikan lewat Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) dan whatsapp Lapor Mas Wali, Jumat (4/3/2022).
Koordinasi dihadiri oleh Kabid Penyelenggaraan E-Gov, Kabid Teknologi dan Informatika, Kabid Statistik, Tim Pengelola ULAS serta Tim Pengelola Lapor Mas Wali.
Pada kesempatan ini, Kepala Diskominfo SP meminta anggota tim untuk mencermati aduan yang disampaikan secara langsung oleh masyarakat dan yang diteruskan dari Lapor Mas Wali.
Setelah aduan dicermati dan diteruskan, maka Tim Pengelola ULAS diminta untuk melakukan koordinasi dengan admin ULAS OPD, terutama kepada OPD yang terlambat dalam merespon aduan masyarakat.
Segala bentuk aduan yang disampaikan masyarakat pada suatu instansi merupakan sebuah upaya yang bertujuan untuk perbaikan pelayanan publik.
Untuk itu, pemerintah kota membutuhkan strategi penanganan pengaduan dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan sebagai informasi proses pelaksanaan perbaikan pelayanan publik.
Kepala Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM mimpin koordinasi internal kekait pengelolaan aduan masyarakat ingkang dipunaturaken mawi Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) lan whatsapp Lapor Mas Wali, dinten Jemuwah (4/3/2022).
Koordinasi ugi dipunrawuhi dening Kabid Penyelenggaraan E-Gov, Kabid Teknologi dan Informatika, Kabid Statistik, Tim Pengelola ULAS ugi Tim Pengelola Lapor Mas Wali.
Ing wekdal meniko, Kepala Diskominfo SP ndhawuhi supados anggota tim mrikso aduan ingkang kaaturaken kanthi langsung dening wargo masyarakat lan ingkang dipunterasaken saking Lapor Mas Wali.
Saksampunipun aduan dipunprikso lan dipunterasaken, milo Tim Pengelola ULAS kasuwun nindakaken koordinasi kaliyan admin ULAS OPD, utaminipun dhateng OPD ingkang sampun kantun anggenipun maringi respon aduan masyarakat.
Sadoyo aduan ingkang dipunaturaken dening wargo masyarakat dhateng instansi inggih meniko satunggaling upaya ingkang tujuwanipun kangge dandosan tumrap pelayanan publik.
Pramilo, pemerintah kota mbetahaken strategi penanganan pengaduan minongko peningkatan pelayanan publik lan kangge informasi proses nindakaken dandosan pelayanan publik.
Head of Diskominfo SP Kentis Ratnawati, SH, MM leads an internal coordination regarding the management of public complaints submitted through the Surakarta Complaints Service Unit (ULAS) and WhatsApp Lapor Mas Wali, Friday (4/3/2022).
The coordination is attended by the Head of E-Gov Implementation Division, Head of Technology and Informatics Division, Head of Statistics Division, ULAS Management Team and Lapor Mas Wali Management Team.
On this occasion, Head of Diskominfo SP asks team members to pay close attention to the complaints submitted directly by the community and also those which are forwarded from Lapor Mas Wali.
After the complaint is examined and forwarded, the ULAS Management Team is asked to coordinate with the ULAS OPD’s admin, especially to the OPD who are late in responding to public complaints.
All forms of complaints submitted by the public to an agency are an effort aimed at improving public services.
For this reason, the city administration needs a complaint handling strategy in the context of improving public services and as information on the process of implementing public service improvements.
***