Pemerintah Kota Surakarta meraih penghargaan tingkat nasional dalam aspek dampak terbaik tahun 2020 melalui Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) yang dikelola oleh Diskominfo SP. Kompetisi ini diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berdasarkan keputusan Menteri PANRB Nomor 190 Tahun 2020.
ULAS telah dirintis sejak tahun 2013 dengan tujuan untuk menampung kritik atau aspirasi dari masyarakat berbagai kalangan yang dikelola oleh Inspektorat. Mulai 2019 ULAS dikelola oleh Diskominfo SP berdasar Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Unit Layanan Aduan Surakarta, serta dikuatkan dengan Keputusan Walikota Nomor 337.05/171 Tahun 2019 Tentang Pengelola Unit Layanan Aduan Surakarta.
Penghargaan ini menjadi motivasi Pemkot Surakarta untuk terus membangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi, partisipatif, dan dimanfaatkan untuk perbaikan berkelanjutan; serta mewujudkan manajemen pengetahuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik. serta untuk mengakselerasi pencapaian kondisi yang diharapkan sebagaimana telah dirumuskan dalam Road Map SP4N.
The Surakarta City Government won a national level award for the best impact aspect in 2020 through Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) managed by Diskominfo SP. This competition was held by Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) based on keputusan Menteri PANRB Nomor 190 Tahun 2020.
ULAS has been initiated since 2013 with the aim of accommodating criticism or aspirations from various groups of people managed by Inspektorat. Starting 2019, ULAS is managed by Diskominfo SP based on Peraturan Walikota (Perwali) No 29 of 2019 concerning the Surakarta Complaints Service Unit, and strengthened by Keputusan Walikota No 337.05 / 171 of 2019 concerning Surakarta Complaints Service Unit Manager.
This award is a motivation for the Surakarta City Government to continue to build an integrated, participatory management of public service complaints, and is used for continuous improvement; as well as realizing knowledge management in the delivery of public services, especially in terms of exchanging experiences and learning about the management of public service complaints. as well as to accelerate the achievement of the expected conditions as formulated in the SP4N Road Map.
Pemerintah Kota Surakarta pikantuk penghargaan tingkat nasional ing bab dampak terbaik taun 2020 mawi sarana Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) ingkang dipun reksa dening Diskominfo SP. Kompetisi menika kawontenaken dening Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) adedasar keputusan Menteri PANRB Nomor 190 Tahun 2020.
ULAS kawiwitan taun 2013 kanti ancas dados wadah panyaruwe utawi gagasan saking masyarakat ingkang dipun reksa dening Inspektorat. Wiwit tauni 2019 ULAS dipun reksa dening Diskominfo SP adedasar Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 29 Tahun 2019 ngengingi Unit Layanan Aduan Surakarta, sarta dipun kiyataken kanti Keputusan Walikota Nomor 337.05/171 Tahun 2019 ngeningi Pengelola Unit Layanan Aduan Surakarta.
Penghargaan menika dados pecut kangge Pemkot Surakarta supados terus mbangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik ingkang terintegrasi, partisipatif, lan dipun ginaaken amrih saenipun sarta mujudaken manajemen pengetahuan ing bab penyelenggaraan pelayanan publik, utaminipun ing bab pertukaran pengalaman lan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan public sarta kangge akselerasi pencapaian kondisi ingkang trep kaliyan menopo ingkang sampun dipun rumusaken ing Road Map SP4N.