Berdasarkan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018, tertulis bahwa salah satu mandat yang harus segera dilaksanakan yaitu percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government, Diskominfo SP berkomitmen untuk mendukung percepatan penerapan SPBE tersebut melalui beberapa strategi dan langkah yang akan dilakukan.
Kepala Seksi Aplikasi Bidang Informatika Diskominfo SP, Risang Cantika Budi menjelaskan bahwa untuk saat ini mereka sedang mengatur arsitektur proyek dari SPBE tersebut.
“Pada saat ini sudah masuk kepada tahapan untuk strategi pengumpulan data pada arsitektur SPBE,†ujarnya.
Ia melanjutkan, bahwa terdapat enam golongan untuk arsitektur proyek SPBE ini, diantaranya adalah Arsitektur proyek bisnis, arsitektur proyek data, asitektur proyek pelayanan, arsitektur proyek aplikasi dan arsitektur proyek infrastruktur.
Pada ke-enam golongan tersebut, dilakukan pengumpulan data yang detail pada setiap Organisasi Perangkat Daerah atau OPD.
Adapun langkah yang dilakukan guna mengatur arsitektur SPBE ini adalah yaitu memberikan gambaran atau sosialisasi terhadap Organisasi Perangkat Daerah yang terkait, membentuk Tim / Person In Charge (PIC) lalu yang terakhir adalah berkoordinasi kepada masing-masing OPD melalui Tes, Wawancara, Analisis Kondisi saat ini, Kebutuhan, dan Rencana SPBE.
Kegiatan ini berguna sebagai pedoman, implementasi dan pelaksanaan e-government agar ideal dan mewujudkan pemerintahan yang modern.
Adhedasar Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018, kaserat bilih salah satunggaling mandat ingkah kedah enggal dipntindakaken inggih meniko percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) utawi E-Government.
Diskominfo SP nggadahi komitmen kangge nyengkuyung percepatan penerapan SPBE kasebat mawi pinten-pinten strategi lan langkah ingkang badhe katindakaken.
Kepala Seksi Aplikasi Bidang Informatika Diskominfo SP, Risang Cantika Budi njlentrehaken bilih sakmeniko piyambakipun nembe ngatur arsitektur proyek SPBE.
“Ing wekdal meniko sampun mlebet ing tahapan kangge strategi ngempalaken data ing arsitektur SPBE,†mekaten pangandikanipun.
Piyambakipun nlajengaken, bilih wonten enem golongan kangge arsitektur proyek SPBE meniko, antawisipun arsitektur proyek bisnis, arsitektur proyek data, asitektur proyek pelayanan, arsitektur proyek aplikasi lan arsitektur proyek infrastruktur.
Wonten ing enem golongan meniko katindakaken pengumpulan data ingkang detail ing saben Organisasi Perangkat Daerah utawi OPD.
Wondene lampahan ingkang dipuntindakaken kangge ngatur arsitektur SPBE meniko antawisipun maringi gambaran utawi sosialisasi dhateng Organisasi Perangkat Daerah kekait, mbentuk Tim / Person In Charge (PIC) lajeng ingkang pungkasan inggih meniko nindakaken koordinasi dhateng saben OPD mawi Tes, Wawancara, Analisis Kondisi saat ini, Kebutuhan, lan Rencana SPBE.
Kegiatan meniko migunani dados pedoman, implementasi lan lampahing e-government supados ideal lan mujudaken pemerintahan ingkang modern.
Based on Presidential Regulation No. 95 of 2018, it is written that one of the mandates that must be implemented immediately is the acceleration of the implementation of the Electronic-Based Government System (SPBE) or E-Government.
Diskominfo SP is committed to supporting the acceleration of the implementation of the SPBE through several strategies and steps to be taken.
The Head of the Application Section for the Informatics Division Diskominfo SP, Risang Cantika Budi, explain that for now they are managing the project of architecture of the SPBE.
“At this time, it has entered the stage for a data collection strategy on the SPBE architecture,” he said.
He continues, that there are six categories for this SPBE project architecture, including business project architecture, data project architecture, service project architecture, application project architecture and infrastructure project architecture.
In the six groups, detailed data was collected for each agencies or OPD.
The steps taken to regulate the SPBE architecture are providing an overview or socialization of the relevant Regional Apparatus Organizations, forming a Team / Person In Charge (PIC) and finally coordinating with each OPD through Tests, Interviews, Analysis of Current Conditions , Needs, and Plans for SPBE.
This activity is useful as a guide, implementation and implementation of e-government so that it is ideal and realizes modern government.
***