Pencermatan Indikator SPBE
Diskominfo SP melaksanakan Rapat Pencermatan dan Evaluasi Indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Upakari I, Senin (21/3/2022).
Rapat dipimpin oleh Kabid Penyelenggaraan E-Gov dan diikuti oleh Pejabat Fungsional Bidang Penyelenggaraan E-Gov dan Bidang Teknologi dan Informatika serta CV. Lantar Cipta Media selaku penyedia jasa.
Rapat dimaksudkan untuk melakukan pencermatan dan evaluasi terhadap 47 indikator serta untuk mempersiapkan data dukung dalam rangka Evaluasi SPBE Tahun 2022 yang dilakukan oleh Kementerian PANRB.
Setiap indikator dicermati dan disiapkan jawaban. Jawaban kemudian diperkuat dengan adanya bukti dukung sehingga tingkat kematangan SPBE dapat mencapai level 5.
Evaluasi SPBE yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat bertujuan untuk mengukur capaian kemajuan serta meningkatkan kualitas penerapan SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah, yang bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik.
Penilaian tingkat kematangan atas penerapan SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah meliputi kebijakan SPBE, proses tata kelola SPBE, proses manajemen SPBE, dan mengukur kapabilitas layanan yang mencakup layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik berbasis elektronik.
Hasil penilaian penerapan SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah digunakan sebagai acuan untuk melakukan perbaikan penerapan SPBE, peningkatan kualitas layanan SPBE, serta dapat digunakan sebagai landasan penyusunan kebijakan SPBE nasional.
Diskominfo SP nindakaken Rapat Pencermatan dan Evaluasi Indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) maan ing Ruang Upakari I, dinten Senen (21/3/2022).
Rapat dipunpimpin dening Kabid Penyelenggaraan E-Gov lan ugi ndherek rapat Pejabat Fungsional Bidang Penyelenggaraan E-Gov lan Bidang Teknologi dan Informatika semanten ugi CV. Lantar Cipta Media minongko penyedia jasa.
Rapat katindakaken kangge mrikso lan evaluasi tumrap 47 indikator ugi kangge mersiapaken data dukung kagem Evaluasi SPBE Tahun 2022 kawontenaken dening Kementerian PANRB.
Saben indikator dipunprikso lan dipunsiapaken wangsulanipun. Wangsulan lajeng dipunkiyataken mawi bukti dukung supados tingkat kematangan SPBE saged dados level 5.
Evaluasi SPBE ingkang katindakaken dening pemerintah pusat nggadahi tujuan kangge ngukur capaian kemajuan lan nginggilaken kualitas penerapan SPBE ing instansi pusat lan pamarintah daerah, kangge nginggilaken kualitas pelayanan publik.
Penilaian tingkat kematangan tumrap penerapan SPBE ing instansi pusat lan pamarintah daerah antawisipun kebijakan SPBE, proses tata kelola SPBE, proses manajemen SPBE, lan ngukur kapabilitas layanan ingkang nyakup layanan administrasi pemerintahan ugi layanan publik berbasis elektronik.
Hasil penilaian penerapan SPBE wonten ing instansi pusat lan pamarintah daerah dipunagem dados dhasar kangge nindakaken dandosan penerapan SPBE, nginggilaken kualitas layanan SPBE, ugi saged dipunagem landhesan nyusun kebijakan SPBE nasional.
Diskominfo SP hold a Meeting on Monitoring and Evaluation of Electronic-Based Government System Indicators (SPBE) in Upakari I Room, Monday (21/3/2022).
The meeting is chaired by the Head of E-Gov Implementation Division and attended by Functional Officers of E-Gov Implementation Division, Functional Officers of Technology and Informatics Division and CV. Lantar Cipta Media as a service provider.
The meeting is intended to observe and evaluate 47 indicators and to prepare supporting data for the 2022 SPBE Evaluation conducted by the Ministry of PANRB.
Each indicator is scrutinized then the answers are prepared. The answers are then strengthened by supporting evidence so that the SPBE maturity level can reach level 5.
The SPBE evaluation carried out by the central government aims at measuring progress and improve the quality of SPBE implementation in central and local government agencies, which leads to improving the quality of public services.
Assessment of the maturity level of SPBE implementation in central and local government agencies includes SPBE policies, SPBE governance processes, SPBE management processes, and measuring service capabilities which include electronic-based government administration services and electronic-based public services.
The results of the assessment of SPBE implementation at central and local government agencies are used as a reference for improving SPBE implementation, improving the quality of SPBE services, and can be used as a basis for formulating national SPBE policies.
***