Pendampingan PPID dari Diskominfo SP Surakarta di Kelurahan Kerten
Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Surakarta (Diskominfo SP) melakukan pendampingan ke Kantor Kelurahan Kerten pada hari Rabu, 24 Januari 2024. Kegiatan pendampingan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk membantu pihak Kantor Kelurahan Kerten memperbaiki sistem informasi PPID yang masih terkendala.
Kegiatan pendampingan ini dihadiri oleh Ibu Siti Handayani S.H.M.Hum selaku Kepala Bidang Statistik dan disambut oleh Ibu Alvana selaku Sekretaris Kantor Kelurahan Kerten. Pembahasan dalam pendampingan ini tidak lain berbicara seputar tanya jawab terkait kendala yang ditemui pihak kantor kelurahan kerten saat mengisi data pada PPID.
Tim Diskominfo SP Kota Surakarta menemukan tentang banyak data belum lengkap dari pihak Internal Kantor Kelurahan Kerten sehingga belum bisa terupdate di website PPID Kelurahan Kerten. Pembahasan tim Diskominfo ini juga memberikan arahan detail tentang apa saja perlu dibenahi dalam website Kelurahan Kerten selain itu juga memberikan solusi terkait bagaimana penanganan untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan, seperti : perbaikan pada struktur organisasi nya, lalu informasi apa saja yang boleh dan tidak diperlihatkan dalam website. Mengenai bagian BPA juga perlu dipublikasikan karena termasuk dalam informasi publik. Pembenahan ini perlu dilakukan untuk memilah informasi secara berkala dan terbaru.
Tim Diskominfo SP Kota Surakarta memberikan penjelasan teknis lainnya agar informasi yang tertera dapat diakses seluruh warga dalam kelurahan maupun luar kelurahan. Selebihnya untuk menampung aspirasi baik kritik maupun saran dari warga sekitar kelurahan kerten ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak saran atau kritik, selain itu juga bisa langsung menautkan website Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS). Harapan dari pendampingan PPID ini agar dapat membantu meningkatkan kualitas dari kinerja Kantor Kelurahan Kerten kedepannya, serta bentuk pelayanan dari Diskominfo SP Kota Surakarta untuk menyalurkan informasi seputar sistem PPID.
Dhines Komunikasi Informatika Statistik lan Persandian Kutha Surakarta (Diskominfo SP) nindakaken pendampingan dhateng Kantor Kelurahan Kerten ing dinten Rebo, 24 Januari 2024. Kacara pendampingan menika dipuntindakaken dados salah setunggal upaya kangem ngrencangi pihak Kantor Kalurahan Kerten dadosaken sistem informasi PPID ingkang taksih kalangan.
Kacara pendampingan menika dipunwawuhi dening Ibu Siti Handayani S.H.M.Hum dados mustaka bidang Statistik lan dipunsambut dening Ibu Alvana dados Sekretaris Kantor Kalurahan Kerten. Wedharan lebeting pendampingan menika mboten sanes ngendika mundhut priksa wangsuli kekait pambengan ingkang dipunpanggihi pihak Kantor Kalurahan Kerten wekdal ngiseni data ing PPID.
Tim Diskominfo SP Kutha Surakarta manggihaken bab kathah data dereng jangkep saking pihak internal Kantor Kalurahan Kerten mila dereng saged paling enggal wonten website PPID Kalurahan Kerten. Wedharan Tim Diskominfo menika ugi maringaken arahan detail bab menapa mawon betah dibenahi lebet website Kalurahan Kerten kejawi menika ugi maringaken solusi kekait kados pundi penanganan kagem njangkepi informasi ingkang dipunbetahaken, kados : dadosan ing struktur organisasinupun, lajeng informasi menapa mawon ingkang kepareng lan mboten dipunpriksakaken lebet website. Ngengingi perangan BPA ugi betah dipublikasikan amargi kelebet informasi publik. Pembenahan menika betah dipuntindakakaen kagem milah informasi kaliyan berkala lan paling enggal.
Tim Diskominfo SP Kitha Surakarta maringaken penjelasan teknis sanesipun supados informasi ingkang tertera keparing dipunakses sedaya wargi lebet kalurahan utawi jawi kalurahan. Langkungipun kagem nampung aspirasi nggih kritik utawi saran saking wargi sawentawis Kalurahan Kerten menika saged dipuntindakaken kotak saran utawi kritik, kejawi menika ugi saged langsung manutkan website Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS). Pengajeng – ajeng saking pendampingan PPID menika supados keparing ngrencangi nginggahaken kwalitas saking pandemelan Kantor Kalurahan Kerten mengajangipun, saha bentuk pelayanan saking Diskominfo SP Kutha Surakarta kagem nyaluraken informasi sawentawis sistem PPID.
The Surakarta City Communication, Information, Statistics and Coding Service (Diskominfo SP) conducted guidance to the Kerten Sub District Office on Wednesday, January 24 2024. This mentoring activity is carried out as an effort to help the Kerten Sub District Office improve the PPID information system which was still having problems.
This mentoring activity was attended by Mrs. Siti Handayani S.H.M.Hum as Head of Statistics and welcomes by Mrs. Alvana as Secretary of the Kerten Village Office. The discussion in this guidance talks about nothing more than questions and answers regarding the obstacles encountered by the Kerten Sub District office when filling in data on the PPID.
The Surakarta City Diskominfo SP Team discovered that there was a lot of incomplete data from the internal Kerten Village Office so that it could not be updated on the Kerten Village PPID website. The Diskominfo team’s discussion also provides detailed directions regarding what needs to be improved on the Kerten Village website. Apart from that, it also provides solutions regarding how to handle it to complete the required information, such as : improvements to the organizational structure, then what information is permitted and not displayed on the website. The BPA section also needs to be published because it is included in public information. This improvement needs to be done to sort information regularly and up-to-date.
The Surakarta City Diskominfo SP Team provided other technical explanations so that the information listed could be accessed by all residents in the Sub District and Outside the Sub District. Furthermore, to accommodate aspirations, both criticism and suggestions from residents around the Kerten Sub District, this can be done by providing a suggestion or criticism box, apart from that, can also directly link to Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) website. It is hoped that this PPID guidance can help improve the quality of the performance of the Kerten Sub District Office in the future, as well as the form of service from the Surakarta City Diskominfo SP to distribute information about the PPID system
***