Diskominfo SP berkolaborasi dengan Tim Gradasi (Generasi Digital Indonesia) melaksanakan literasi penggunaan media sosial secara bijak pada hari Kamis (4/11/2021) bertempat di Pendopo Kecamatan Laweyan.
Literasi diikuti oleh perwakilan kelurahan masing-masing 2 orang yang terdaftar sebagai pelaku UMKM.
Materi mengenai cara meningkatkan omzet di era digital disampaikan oleh narasumber Rofi’i S.Kom. dari Gradasi.
Rofi’i menyampaikan bahwa pada era ini perkembangan teknologi sangat pesat. Penggunaan media sosial banyak memberikan kemudahan untuk berkomunikasi, bekerja hingga berbisnis.
Menurutnya, pelaku UMKM perlu memanfaatkan media digital untuk bertahan di masa pandemi. Contoh media yang kerap digunakan adalah WhatsApp. Aplikasi sudah tidak asing lagi dan banyak digunakan untuk memasarkan produk dan usahanya.
Pemasaran produk yang biasanya harus door to door (tatap muka), kali ini cukup melalui pesan yang dikirim secara online.
Selain pemasaran, dijelaskan pula beberapa tips seperti waktu yang tepat untuk mempromosikan usaha, serta berkomunikasi lewat media sosial sehingga pelaku UMKM dapat tepat sasaran mendapat target yang diinginkan.
Diskominfo SP sesarengan kaliyan Tim Gradasi (Generasi Digital Indonesia) nindakaken Literasi Penggunaan Media Sosial Secara Bijak pada hari Kamis (4/11/2021) mapan ing Pendopo Kecamatan Laweyan.
Literasi dipuntumuti dening perwakilan saben kelurahan 2 piyantun ingkang terdaftar dados pelaku UMKM.
Materi ingkang dipunaturaken babagan coro nginggilaken omzet ing era digital dipunaturaken dening narasumber Rofi’i S.Kom. saking Gradasi.
Rofi’i ngaturaken bilih ing era sakmeniko perkembangan teknologi pesat sanget. Ngangge media sosial kathah maringi kegampilan kangge nindakaken komunikasi, nyambut damel ugi nindakaken bisnis.
Miturut piyambakipun, pelaku UMKM kedah manfaataken media digital supados saged bertahan ing moso pandemi. Conto media ingkang dipunagem inggih meniko WhatsApp. Aplikasi meniko sampun asring dipunagem kangge masaraken produk lan usahanipun.
Pemasaran produk ingkang biasanipun dipuntindakaken kanthi door to door (tatap muka), sakmeniko namung cekap mawi pesen ingkang dipunkirim kanthi online.
Kajawi pemasaran, dipunjlentrehaken ugi pinten-pinten tips kados wekdal ingkang pas kagem mempromosikan usaha, ugi nindakaken komunikasi mawi media sosial supados pelaku UMKM saged tepat sasaran lan pikantuk target yang dipunkersakaken.
Diskominfo SP collaborates with the Gradasi Team (Generasi Digital Indonesia) carry out literacy in using social media wisely on Thursday (4/11/2021) at the Pendopo Laweyan District.
Literacy ias attended by 2 sub district representatives each who are registered as MSME actors.
The material on how to increase turnover in the digital era is delivered by resource person Rofi’i S.Kom. of Gradasi.
Rofi’i said that in this era the development of technology is very rapid. The use of social media makes it easy to communicate, work and do business.
According to him, MSME actors need to use digital media to survive during the pandemic. An example of media that is often used is WhatsApp. Applications are familiar and widely used to market their products and businesses.
Product marketing which usually has to be door to door (face to face), this time is enough through messages sent online.
In addition to marketing, several tips are also explained, such as the right time to promote the business, and communicating via social media so that MSME actors can be right on target to get the desired target.
***