Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu momen krusial bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan pendidikan baru mereka. Pada tahun ini, kegiatan MPLS di Surakarta menjadi sorotan karena dukungan langsung dari Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa, yang secara aktif turun langsung meninjau kegiatan MPLS di beberapa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).
Teguh Prakosa melakukan kunjungan ke empat SMPN di Surakarta, yaitu SMPN 4, SMPN 14, SMPN 20, dan SMPN 21. Kunjungan ini tidak hanya sekadar bentuk perhatian terhadap pendidikan, tetapi juga sebagai bagian dari upaya untuk memastikan bahwa MPLS berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Tujuan dari MPLS itu sendiri untuk memperkenalkan budaya sekolah agar siswa baru diperkenalkan pada nilai-nilai, budaya, norma, dan tata tertib sekolah. Hal ini penting untuk membangun kesadaran akan lingkungan pendidikan yang harus dihormati dan dijalani dan membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, baik itu dari segi akademik, sosial, maupun emosional. Dengan adanya MPLS, diharapkan siswa dapat merasa lebih nyaman dan termotivasi dalam menghadapi tantangan baru.
Partisipasi aktif Wali Kota Surakarta dalam MPLS menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan. Teguh Prakosa tidak hanya hadir secara fisik, tetapi juga berinteraksi langsung dengan siswa dan tenaga pendidik. Hal ini memberikan dorongan moral dan inspirasi bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan.
“Mulai tahun ajaran ini siswa dan siswi yang melaksanakan MPLS, harapan saya untuk bisa diperkenalkan seluruh lingkungan sekolah, tidak ada yang menunjukkan kekerasan atau olahraga yang berat. Namun berlomba membangun semangat termasuk mempertebal imannya,” tutur Teguh Prakosa.
Masa Pengenalan Lingkungan Siswa merupakan fondasi awal bagi siswa untuk membangun perjalanan pendidikan mereka. Dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah, seperti yang ditunjukkan oleh Wali Kota Surakarta, MPLS diharapkan dapat memberikan landasan yang kuat bagi pembentukan karakter dan adaptasi siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan. Langkah-langkah ini menegaskan komitmen untuk menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) inggih menika salah satunggaling momen krusial kagem siswa enggal adaptasi kaliyan lingkungan pendidikan nembe piyambakipun sedaya. Ing warsa menika, kegiatan MPLS wonten Surakarta dados sorotan amargi sengkuyungan langsung saking Wali Kitha Surakarta, Teguh Prakosa, ingkang kaliyan aktif tedhak langsung mriksani kegiatan MPLS wonten pinten-pinten Sekolah Menengah Pertami Nagari (SMPN).
Teguh Prakosa nindakaken kunjungan dhateng sekawan SMPN wonten Surakarta, inggih menika SMPN 4, SMPN 14, SMPN 20, lan SMPN 21. Kunjungan menika mboten naming bentuk kawigatosan kaliyan pendidikan, nanging ugi dados perangan saking upaya kagem mesthekaken menawi MPLS tindak kaliyan sae lan cocog kalih tujuwan ingkang sampun dipuntetepaken.
Tujuwan saking MPLS menika piyambak kagem nepangaken budaya sekolah supados siswa enggal dipuntepangaken ing nilai-nilai, budaya, norma, lan tata tertib sekolah. Bab menika wigatos kagem yasa kesadaran badhe lingkungan pendidikan ingkang kedah dipunhormati lan dipuntindakaken lan ngrencangi siswa adaptasi kaliyan lingkungan sekolah ingkang enggal, nggih menika saking segi akademik, sosial, utawi emosional. Kaliyan wontenipun MPLS, dipunajeng-ajeng siswa keparing rumaos miyos nyaman lan termotivasi lebet ngajengi tantangan enggal.
Partisipasi aktif Wali Kitha Surakarta lebet MPLS maringi priksa komitmen pamarintah daerah lebet nyengkuyung pendidikan. Teguh Prakosa mboten naming rawuh kaliyan fisik, nanging ugi berinteraksi langsung kaliyan siswa lan tenaga pendidik. Bab menika maringaken dorongan moral lan inspirasi kagem sadayaning pihak ingkang terlibat lebeting proses pendidikan.
“Mulai warsa wucalan menika siswa lan siswi ingkang nindakaken MPLS, pangajeng-ajeng kula kagem saged dipuntepangaken sedaya lingkungan sekolah, mboten wonten ingkang nedahi kekerasan utawi olahraga ingkang awrat. Nanging berlomba yasa sengkuyung kelebet mempertebal imanipun, ” tutur Teguh Prakosa.
Masa nepangaken lingkungan siswa inggih menika fondasi awal kagem siswa yasa perjalanan pendidikan piyambakipun sedaya. Kaliyan sengkuyungan kebak saking pamarintah daerah, kados ingkang dipuntedahaken dening Wali Kitha Surakarta, MPLS dipunajeng-ajeng keparing maringaken landasan ingkang kiyat kagem pembentukan karakter lan adaptasi siswa lebet ngajengi tantangan wonten masa ngajeng. Langkah-langkah menika negasaken komitmen kagem ndadosaken pendidikan dados utami utami lebeting yasa masa ngajeng ingkang miyos sae kagem generasi mangke.
The Introduction to School Environment (MPLS) period is a crucial moment for new students to adapt to their new educational environment. This year, MPLS activities in Surakarta were in the spotlight due to direct support from the Mayor of Surakarta, Teguh Prakosa, who actively visited MPLS activities in several State Junior High Schools (SMPN).
Teguh Prakosa visited four SMPNs in Surakarta, namely SMPN 4, SMPN 14, SMPN 20, and SMPN 21. This visit was not only a form of attention to education, but also part of efforts to ensure that MPLS runs well and is in accordance with established goals.
The aim of MPLS itself is to introduce school culture so that new students are introduced to the values, culture, norms and rules of the school. This is important to build awareness of the educational environment that must be respected and lived in and to help students adapt to the new school environment, both from an academic, social and emotional perspective. With MPLS, it is hoped that students will feel more comfortable and motivated in facing new challenges.
The active participation of the Mayor of Surakarta in MPLS shows the regional government’s commitment to supporting education. Teguh Prakosa is not only physically present, but also interacts directly with students and teaching staff. This provides moral encouragement and inspiration for all parties involved in the educational process.
“Starting this school year, it is my hope that the students and girls who carry out MPLS will be introduced to the entire school environment, there will be nothing that shows violence or heavy sports. “However, competing to build enthusiasm includes strengthening one’s faith,” said Teguh Prakosa.
The Student Environment Introduction Period is the initial foundation for students to build their educational journey. With full support from the local government, as shown by the Mayor of Surakarta, MPLS is expected to provide a strong foundation for character formation and student adaptation in facing future challenges. These steps confirm the commitment to make education a top priority in building a better future for future generations.